, , , ,

Peringatan HPN 2016: Menyongsong Peran Media Maritim

18.42

Maritimnews, Jakarta – Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang jatuh pada hari ini, peranan pers maritim  sangat diperlukan dalam menentukan arah kebijakan negara untuk mewujudkan poros maritim dunia. Hal itulah yang disoroti oleh organisasi maritim seperti Assosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) dalam memandang media maritim.
Selama lebih dari setahun organisasi ini eksis dalam belantika kemaritiman Indonesia dengan menggunakan peranan media massa. Baik melalui website internal maupun kepada berbagai media online, gagasan organisasi yang diketuai oleh Reynaldi Bahri Tambunan ini menyebar luas ke seantero penjuru negeri.
Tentunya, gagasan itu merupakan langkah-langkah bagaimana membangun kemaritiman Indonesia sesuai visi presiden sekaligus mengkritisi kebijakan-kebijakan yang dianggap bertentangan.
Dalam kesempatan itu, Sekjen APMI Ahlan Zulfakhri saat ditemui maritimnews.com di daerah Jakarta Selatan menuturkan bahwa dalam konteks maritim, pers maritim jangan hanya mengangkat kebijakan yang dibuat oleh pemerintah saja, tetapi peran swasta sebagai pilar dalam membangun maritim Indonesia juga perlu diapresiasi.
“Kebangkitan maritim merupakan cita-cita besar bangsa Indonesia, yang dicanangkan dalam visi presiden. untuk itu maritim perlu dibangun dan diangkat secara substansial. Media harus mampu men-drive isu-isu maritim mengenai teknologi perkembangan sains dan lain sebagainya,” ulasnya.
Lulusan Perkapalan Undip ini mencontohkan isu-isu seperti pembangunan kapal, energi ombak sebagai energi alternatif, dan pemeliharaan terumbu karang juga harus kerap disuarakan ke publik agar mereka mengenal maritim itu bukan hanya isu politik ketika Pilpres saja.
Oleh karena itu besar harapannya dalam momentum Hari Pers Nasional ini, peran media dalam mem-blow up agenda-agenda maritim dapat berjalan dengan maksimal.
“Isu-isu dari sains hingga kesejahteraan masyarakat pesisir harus terangkum semua oleh media maritim ke depannya,” pungkasnya.
Sumber: http://maritimnews.com/

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts