,

Refleksi 87 Tahun Sumpah Pemuda: Bangun Gagasan Pemuda Indonesia

02.33


Sumpah pemuda merupakan sebuah momentum yang sangat berharga bagi bangsa indonesia. Dari sumpah pemuda lahir pemimpin-pemimpin bangsa masa depan. Sumpah pemuda menunjukan hadirnya sebuah gagasan besar pemuda untuk bersatu dan menjadikan indonesia yang seutuhnya. Dengan ikrar yang sampai saat ini menjadi pengikat
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Gagasan merupakan sebuah ide sekaligus trobosan yang bukan hanya mampu mendobrak sebuah kebiasaan, melainkan juga sebagai sebuah warisan bagi masa depan. Terlihat aneh ketika saat ini kita bicara mengenai gagasan, pasca pecahnya reformasi 98 sangat jarang kita temukan mereka yang memiliki gagasan. Hal tersebut dapat dilihat dari seberapa banyak buku bacaan yang beredar saat ini yang bicara mengenai gagasan.
Saat ini buku terlaris dan populer adalah buku-buku motivasi dan biografi, seolah bangsa ini tidak lagi memiliki semangat sehingga perlu banyak hadir motivator yang memberikan semangat. Perkembangan kapitalisme yang terus mengeliat menciptakan manusia-manusia materialis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat. Alhasil tidak ada lagi yang bicara mengenai gagasan kebangsaan, melainkan sangat banyak yang bicara megenai kesuksesan yang diukur dengan parameter secara material.
Kondisi politik yang selalu ramai dengan hiruk pikuk kebusukan membuat kaum muda takut untuk bicara mengenai politik. Gerakan sosial menjadi pilihan untuk merubah masyarakat sebagai sebuah aksi nyata. Namun, sadarkah jika ternyata regulasi dan kebijakan yang akan berdampak lebih signifikan dibandingkan dengan gerakan sosial. Meskipun perjalanan berlumpur dan penuh dengan kotoran ternyata politiklah yang mampu melakukan perubahan dengan signifikan. Inilah yang seharusnya mulai disadari oleh kaum muda, membuka mata karena tidak bisa memisahkan pembangunan negara antara ekonomi, sosial, politik, hukum, dan kaderisasi.
Pembangunan tatanan masyarakat tidak mampu hanya berhenti pada satu aspek diantara lima aspek terpenting dalam pembangunan masyarakat. Tidak bisa memilih satu diantara kelimanya karena konsepsi negara sangat erat kaitanya dengan lima hal tersebut. Meskipun secara rasional sangat sulit menjalankan kelimanya secara seimbang. Namun, upaya perjalanan kearah perbaikan masyarakat harus dilakukan.
Mengapa Pancasila akhirnya menjadi salah satu alasan indonesia sampai saat ini masih bersatu. Bukan karena agama, bukan karena suku, dan bukan juga karena keturunan. Sebenarnya permasalahan persatuan sudah selesai dengan Pancasila. Namun, sayangnya ada oknum yang mempertajam perbedaan untuk kemudian memecah NKRI. Jika kita coba bertanya kepada negara-negara lain bahkan sebesar amerika punyakah mereka sebuah alasan untuk bersatu? Apakah mereka memiliki gagasan besar mengenai konsep persatuan? Inilah yang membedakan indonesia mengapa akhirnya indonesia diera kepemimpinan soekarno pantas mendapatkan tempat yang strategis di depan negara-negara dunia.
Pancasila merupakan sebuah gagasan yang lahir dari pemikiran dan karakteristik bangsa indonesia. Sampai saat ini pasca dibacakan Pancasila di depan PBB, pancasila masih menjadi alasan untuk masyarakat Indonesia tetap bertahan dengan NKRI. Dari latar belakang tersebut terlihat bagaimana sebuah gagasan yang mampu di implementasikan secara optimal mampu menjadi pengikat bangsa. Gagagasan menjadi latar belakang mengapa sebuah bangsa mampu bertahan.
Saat ini ditengah permasalahan bangsa yang sangat kompleks karena terbukanya ruang informasi yang sangat luas. Perlunya sebuah gagasan dari pemuda untuk mampu mengambil peran dalam pembangunan bangsa. Pemuda harus mampu mengambil peran dalam lokus-lokus diskusi yang sudah mulai hilang. Kesempatan menjadi seorang pelopor di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Hal tersebut dapat dilihat dengan bagaimana munculnya Anies Baswedan dengan gagasan pendidikannya, kemudian hadirnya Nadiem Kariem dengan Sosial ekonominya. Itulah bentuk gagasan-gagasan yang saat ini dinanti oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Peran Inisiator gagasan di Indonesia sangat dinanti oleh masyrakat untuk mampu mengubah tatanan sosial masyarakat yang cukup kompleks. Mereka yang memiliki latar bekalang kesenian mampu menggunakannya sebagai sebuah dasar untuk menciptakan gagasan melalui karyanya, seperti Wahyu Aditya menuangkan gagasannya melalui karya yang kreatif. Bukan hanya mereka yang turun kejalan aktif dalam lokus-lokus diskusi yang mampu membangun bangsa meskipun budaya diskusi harus tetap dihidupkan.
Perubahan zaman memaksa pemuda untuk mampu bergerak sesuai dengan kultur dan gaya komunitas yang digelutinya. Namun, jangan sampai menjadi pemuda apatis hanya bergerak sesuai dengan komunitas yang digelutinya tanpa peduli dengan pengembangan masyarakat. Inilah tantangan pemuda yang harus lebih kreatif diera gerakan patriotisme mulai ditinggalkan kemudian gerakan pop mulai digemari. Sebagai pemuda, yang pasti perlu mengambil andil dalam pembangunan bangsa, mengambil satu bagian yang menjadi fokus untuk bergerak. Wilayah indonesia yang sangat luas terbentang dari sabang sampai merauke sangat sulit jika hanya terdiri dari satu warna untuk membangunnya.

Salam Pemuda Indonesia

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mantaflah. Terus kreatif menulis seraya perbaiki sedikit2 tata bahasanya. Misalnya, kata MERUBAH, mestinya MENGUBAH....

    BalasHapus

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts