, , ,

Maritimepreneurship Perlu Digalakan untuk Wujudkan Visi Maritim

23.55

Perwujudan pembangunan maritim indonesia seharusnya mampu dilaksanakan oleh seluruh stekholder yang berkaitan dengan maritim. Menuju kearah tersebut perlunya pemerintah mendorong tumbuhnya pengusaha dibidang maritim. Pembangunan maritim akan sangat sulit jika ditumpukan hanya kepada pemerintah, untuk itu perlunya sektor swasta dalam menyokong pembangunan tersebut.
Di tengah kemerosotan nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi sebuah momentum untuk pemerintah mengalakan program kewirausahaan khsususnya dalam bidang maritim. Ditengah banyaknya PHK sejumlah perusahaan baik nasional maupun multinasional, pemerintah harus segera mencanangkan program kewirausahaan maritim. Program kewirausahaan maritim bukan hanya membuka harapan baru bagi masyarakat melainkan juga sebagai upaya mendorong sektor swasta berperan dalam membangun maritim Indonesia.
Jika kita melihat saat ini jumlah pengusaha indonesia hanya berjumlah  1,65 persen dari jumlah penduduk saat ini. Kita bisa melihat bagaimana dengan jumlah mereka yang mempunyai usaha dalam bidang maritim. Tentunya sangat kurang sekali, padahal idealnya paling tidak jumlah pengusaha sebesar 2% dari jumlah penduduk yang ada. Inilah yang seharusnya dapat dijadikan momentum oleh pemerintah ditengah kondisi rupiah yang terus merosot terhdap dolar.
Sebuah fenomena yang kita lihat bagaimana efek besar dari ojek online dan taksi online dapat menjadi solusi untuk meningkatkan perekonomian menegah di sejumlah kota besar. Walaupun tidak mampu menangani permasalahan kemacetan langsung, namun mampu menjadi solusi bagi mereka yang memiliki permasalahan ekonomi, khsususnya bagi mereka yang memiliki perekonomian menengah kebawah. Inilah fenomena yang terjadi ketika swasta dapat berperan dalam menangani permasalahan yang terjadi pada negara.
Tugas pemerintah dalam hal ini tentunya sebagai fasilitator sekaligus memberikan kebijakan untuk menumbuhkan minat dari masyarakat untuk melakukan wirausaha, khsusunya dalam bidang maritim. Kita melihat bahwa banyak karya universitas maupun pemuda yang memberikan inovasi wirausaha dalam bidang kemaritiman. Inilah yang seharusnya mampu didukung oleh pemerintah agar karya-karya inovatif tersebut dapat menjadi salah satu pendukung visi maritim pemerintah yang digalakan.
Mengalakan maritimepreneurship kepada masyarakat khsususnya para pemuda untuk mampu membuka star up bisnis dibidang maritim adalah sebuah solusi yang tepat saat ini. Berbagai pelatihan dan lomba inovasi harapannya mampu di tumbuhkan oleh pemerintahan. Selain itu peran para komunitas bisnis seperti HIPMI dan KADIN sangat di buthkan sebagai patner pemerintah untuk mendorong masyarakat dalam mengeluti usaha khususnya dibidang kemaritiman.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts