, ,

International Youth Day Peringatan Pemuda Sebagai Harapan Dunia

01.03



12 Agustus merupakan peringatan International Youth Day yakni hari pemuda internasional. Tentunya hari besar internasional tidak diadakan jika ternyata peringatan tersebut tidak mempunyai pengaruh yang cukup besar untuk keadaan dunia. Pemuda merupakan entitas yang memiliki harapan paling besar didunia untuk dapat melanjutkan perkembangan dan pembangunan. Fenomena pemuda di berbagai negara muncul dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan dunia. Diantaranya adalah pemiliki facebook Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg menunjukan bahwa partisipasi pemuda sangat berpengaruh dalam pembangunan
dunia. Dengan facebook yang dibuatnya Mark mampu menjadikan facebook sebagai media penghubung manusia di berbagai dunia melalui internet. Mark menunjukkan inovasi pemuda yang cukup signifikan dalam melakukan perubahan.

Tema PBB dalam agenda International Youth Day adalah “Youth Civic Engagement” . tema tersebut mengajak pemuda untuk dapat terlibat dan berpasrtisipasi dalam pembangunan manusia yang berkelanjutan. Dari tema tersebut dapat dilihat bahwa pembangunan semangat pemuda di dunia sangat nanti oleh dunia. Partisipasi dan peran aktif dalam membangun dunia diberbagai bidang sangat dinanti. Pemuda diharapkan mampu menjadi bagian dari perkembangan dunia dengan berbagai inovasi yang dimilikinya.

Jika kita melihat indonesia perkembangan pemudanya cukup signifikan dengan berbagai inovasi yang diciptakan. Hadirnya “Gojek” menjadi salah satu hasil karya pemuda indonesia yang mampu menjadi salah satu solusi permasalahan transportasi di kota Jakarta. Gagasan dari Nadiem Makarim merupakan contoh inovasi pemuda untuk mampu mengatasi permaslaahan di Indonesia. Nadiem mampu merubah tukang ojek yang tadinya mencari penumpang dengan aplikasinya saat ini penumpang yang mencari tukang ojek.

Hadirnya peran pemuda dalam mengatasi berbagai permasalahan dunia maupun bangsa menjadi salah satu elemen yang mampu mendatangkan perubahan. Pemuda yang identik dengan inovasi dan kreatifitas harapannya terus mampu mengeluarkan ide-ide brilian untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.
Berkaryalah karena dengan karya pemuda mampu menorehkan sejarah bagi perjalanan hidupnya dan memberikan manfaat bagi sekelilingnya. Karena dunia dan bangsa mengaharapkan karya-karya dari para pemuda.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts