,

Bahas Kesiapan Pemuda dalam Poros Maritim, APMI Kunjungi Deputi SDM Kemenko Kemaritiman

23.31

Jakarta, JMOL** Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) melakukan kunjungan ke Deputi SDM Kemenko Kemaritiman pada 20/1/15 lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka membahas kesiapan pemuda dalam menyongsong visi maritim Indonesia, sekaligus memberikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kemenko Kemaritiman pada Deklarasi Sekber Bangsa Maritim Nusantara pada beberapa waktu lalu.

Kunjungan yang diterima hangat oleh Deputi SDM Kemenko Kemaritiman, Dr. Ir. Safri Burhanuddin, D.E.A itu diselingi diskusi singkat dalam membahas masalah pemuda maritim.
“Sebuah harapan besar pemuda dapat menjadi inisiator terhadap pembentukkan jiwa kemaritiman masyarakat Indonesia,” ujar Safri kepada perwakilan APMI.
APMI yang diwakili oleh Ketua dan Sekjen APMI, Reynaldi Bahri Tambunan dan Ahlan Zulfakhri mendengarkan dengan seksama arahan dari Deputi SDM. Lebih lanjut, Safri menyampaikan keresahannya dalam memandang kian memudarnya karakter kemaritiman bangsa Indonesia.

“Karakter kemaritiman yang sudah memudar dikalangan masyarakat Indonesia, harapannya dapat ditumbuhkan kembali dengan diangkatnya visi kemaritiman ini,” sambungnya.
Namun, dengan adanya APMI ini, Safri berharap akan dapat bersinergi dengan Kemenko Kemaritiman dalam menunjang visi kemaritiman pemerintah.
“APMI dapat bersinergi dengan Kemenko Kemaritiman untuk bersama membangun jiwa maritim Indonesia, walaupun saat ini anggaran dan staff Kemenko belum mencapai titik ideal, namun semangat membangun kemaritiman jangan sampai melemahkan kita untuk mewujudkan hal tersebut,” tambahnya.

Siap Bersinergi
Sementara itu, ketua APMI Reynaldi Bahri Tambunan menyampaikan ucapan terima kasihnya atas sambutan hangat Deputi SDM Kemenko Kemaritiman.
“Kami sangat senang dengan sambutan hangat yang diberikan oleh Deputi SDM Kemenko Kemaritiman. APMI saat ini sudah bergerak dalam beberapa kegiatan dan memiliki jaringan ke seluruh Indonesia harapannya dapat menyokong terbentuknya karakter kemaritiman khususnya bagi pemuda Indonesia,” ungkap Reynaldi.
Reynaldi juga menuturkan bahwa kemaritiman merupakan karakter dasar bangsa Indonesia yang wajib melekat dan dipelajari oleh seluruh anak bangsa ini.
“Maritim merupakkan karakter dasar bangsa Indonesia yang seharusnya dapat melekat ke seluruh elemen masayarakat, dan merupakkan sebuah satu kesatuan visi budaya, sejarah, perekonomian, pendidikan, dan kesejahteraan, artinya tanggung jawab kebangkitan maritim Indonesia bukan hanya milik mereka yang bergerak di maritim melainkan seluruh elemen bangsa,” tandasnya.
Di akhir diskusinya dengan Deputi SDM Kemenko Kemaritiman, Reynaldi menambahkan kesiapan APMI untuk dapat bekerja sama dengan Kemenko Kemaritiman dalam memajukan maritim Indonesia.
“APMI sebagai sebuah organisasi kepemudaan maritim siap bersinergi dengan Kemenko Kemaritiman dalam membangun maritim Indonesia,” tutupnya.
Kemenko Kemaritiman saat ini merupakan Kementerian Kordinator yang paling disoroti setelah Presiden memiliki gagasan untuk menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Sedangkan Deputi SDM merupakan deputi yang saat ini bertangung jawab penuh atas berjalannya kebijakan tentang pembangunan SDM yang akan menunjang visi tersebut.
sumber: http://jurnalmaritim.com/2015/01/bahas-kesiapan-pemuda-dalam-poros-maritim-apmi-kunjungi-deputi-sdm-kemenko-kemaritiman/

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts