, ,

Undip Berjaya di Roboboat Competition

23.59

JAKARTA - Hiruk pikuk kompetisi robot tingkat perguruan tinggi tampaknya masih bergaung. Baru-baru ini, Universitas Diponegoro (Undip) meraih berbagai penghargaan dalam Roboboat Competition. Ajang ini merupakan kompetisi robot yang bisa dioperasikan di perairan. 

Tingkat kesulitan pada kompetisi ini cukup tinggi. Namun, Undip mampu menempatkan tim robotnya di peringkat keenam sebagai The Best Design dalam kompetisi yang dihelat oleh Assosiation for UNAMED Vehicle System International (AUVSI) Foundation and ONR itu. 

Pada lomba yang memasuki tahun keempat penyelenggaraannya ini, Undip diwakili oleh Ahlan Z (Teknik Perkapalan), Mohamad Ansori (Teknik Perkapalan), Tri Bagus susilo (Teknik Elektro), Ogi Tridho Maroghi (Teknik Perkapalan), Fatih Khamdani (Teknik Mesin), Andi pratama (Teknik Perkapalan) dan Yudis (Teknik Mesin). 

Salah seorang anggota tim, Mohamad Ansori menyatakan, berbeda dengan robot yang menggunakan lintasan darat, membuat robot dengan lintasan air lebih sulit. "Sebab, air adalah fluida bergerak yang sulit diprediksi," kata Ansori seperti dikutip dari keterangan tertulis Undip, Kamis (16/6/2011). 

Dia menjelaskan, perjuangan menuju final tidaklah mulus. Timnya mengalami kesulitan dana dan pengurusan visa. Selain itu, Ansori menambahkan, tim Roboboat Undip juga menggunaan berbagai bahan bekas untuk membangun robotnya.   

“Sampai saat tim Indonesia mendapatkan penghargaan, pendanaan untuk keberangkatan belum bisa dipenuhi semuanya. Bahkan ketika sudah berada di Virginia mengikuti kompetisi tersebut, disamping kalah dari segi teknologi, anggota tim harus menghemat dana biaya hidup," tutur pria yang tidak bisa ikut ke Virginia karena ijin visanya belum keluar ini. 

Rektor Undip, Sudharto P Hadi, berharap, prestasi yang telah menyejajarkan Undip dengan universitas kelas dunia ini mampu menjadi inspirasi bagi dunia pendidikan tinggi Indonesia. "Semoga prestasi ini menginspirasi semua mahasiswa Undip dan juga mahasiswa Indonesia lainnya untuk terus berkreasi kreatif sehingga menghasilkan inovasi spektakuler dan mengagumkan serta bermanfaat bagi masyarakat luas" kata Sudharto. 

Kompetisi rbot air tahunan ini diikuti 15 Tim dari seluruh dunia antara lain University of Rhode Island, University of Central Florida, Virginia Tech, University of Michigan, dan Nasional Cheng Kung University.

Sebagai satu-satunya peserta dari Indonesia, Undip menorehkan prestasi sejajar dengan kampus-kampus kelas dunia tersebut. Juara 1 Roboboat Competition adalah Universitas Rhode Island, diikuti oleh University of Central Florida pada tenpat kedua, dan Sistem Georgia Tech Lab Aerospace di peringkat ketiga. 

Juara keempat diraih Virginia Tech, disusul oleh Stevens Institute di posisi kelima dan Undip di peringkat keenam. Peringkat ketujuh diduduki Georgia Tech Savannah Robotika.

sumber: http://news.okezone.com/read/2011/06/16/373/469080/undip-berjaya-di-roboboat-competition

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts