,

Peradaban Maritim

22.56

Sejarah mencatat bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang di bangun dari kekuatan maritim. Kita dapat melihat kekuatan kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit, mereka mampu menguasai kawasan Asia Tenggara . Fakta tersebut tidak terbantahkan hingga kini. Keliru jika bangsa ini tidak belajar dari sejarah untuk kembali menjadi bangsa yang besar dan disegani.

Bukti kebesaran bangsa indonesia sebagai negra maritim yang kuat terletak pada kekuatan wilayah pesisir dan laut. Hal ini didukung dengan kekuatan kerajaan yang memiliki armada laut mempunyai kekuatan yang sangat besar di bandingkan dengan kerajaan yang terletak di pedalaman. Kekuatan bangsa indonesia sebagai bangsa maritim dapat terlihat dengan adanya lukisan perahu dalam gua di sulawesi. Kehebatan pelaut-pelaut indonesia dibuktikan dengan adanya perubahan kebudayaan yang tadinya berorientasi kepada daratan kemudian memiliki kemampuan berlayar.

Kekuatan maritim bangsa Indonesia sejak dahulu sudah tidak diragukan lagi . Itu dibuktikan dengan adanya pelabuhan dan syahbandar. Bisa dikatakan karakter maritim indonesia sudah kuat jauh sebelum eropa. Namun, sayang nenek moyang kita tidak mencatatnya wal hasil di klaim negra lain. Jadi  wajar nampaknya jika bangsa eropa melakukan penjajahan kenegara-negara yang berada di sekitar asia karena ternyata banga eropa tidak memiliki hasil alam di negaranya.

Tanah emas sumber kehidupan baru itu adalah Asia. Kondisi yang sangat bebeda jauh dengan  negara eropa. Bumi khatulistiwa sejak dahulu terkenal tentram dan makmur. Tidak ada tantangan berat karena meiliki segala sumber daya alam dari bumi. Namun, hal  tersebutlah yang ternya membuat bangsa asia lengah sehingga berfikir menjadi bangsa juragan alias bangsa yang besar bak seorang anak raja yang hidup dalam kemewahan.

Dengan berbagai bukti sejarah yang ada pantas jika bangsa indonesia seharusnya mampu membuka mata untuk mulai kembali menguasai maritim dalam melakuakan perkembangannya kedepan. Karena sebenarnya sumber kekuatan dan sumber kehidupan berasal dari maritim. 
sumber ( 9 perspektif menuju masa depan maritim indonesia) 

You Might Also Like

1 komentar

  1. kalo sekarang, Indonesia lebih pantas disebut negara apa, yah?

    BalasHapus

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts