,

Wawasan ke Teknikan Dan Peran Fakultas teknik Di tataran Nasional

20.05

Engineering adalah suatu ilmu keteknikan yang dipraktekkan ke dalam kehidupan kita untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu. Engineering mampu mengatasi permasalahan yang ada di sekitar kehidupan sehari-hari dari hal yang terkecil hingga besar. Dan engineering juga mempunyai kontribusi yang besar untuk kemajuan pembangunan suatu Negara (139-engineeringtowncom-website-dunia-keteknikan.html).Teknik merupakan ilmu aplikatif yang saat ini menjadi tumpuan utama untuk melakukan suatu tindakkan yang nantinya dapat secara langsung bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Pendalaman masalah ilmu keteknikan seharusnya mampu dijadikan basis utama dari gerakan sosial masyarakat yang saat ini menjadi tulang punggung mahasiswa saat ini. Banyak anggapan terjadi tentang gerakkan mahasiswa yang saat ini hanya mampu bergerak ketataran elit tapi sedikit yang yang menyentuh tataran alit (masyarakat) sebagai basis dasar dari pergerakkan mahasiswa. Hal inilah yang nantinya di butuhkan masyarakat bahwa saat ini mayarakat membutuhkan mahasiswa yang mampu menjadi social engineer (rekayasa social) bukan lagi para orator yang hanya mampu berasumsi tanpa melihat realita yang saat ini ada. Sentuhan yang kita butuhkan adalah sentuhan terhadap masyarakat tataran bawah yang langsung menjadi objek kebijakan yang saat ini di lakukan oleh pemerintah.

Dari sinilah sebenarnya mahasiswa teknik di tuntut untuk faham dan mengerti bagaimana peran yang akan dilakukan untuk masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang saat ini timbul di tataran kampus, regional, nasional , maupun internasional. Dalam hal ini perlu peran mahasiswa teknik mengerti apa permasalahan yang timbul sesuai dengan konsentrasi yang diambil. Perlu adanya kepekaan dan wawasan yang luas untuk tahu dan mengerti akan permasalahan ini, bukan lagi mahasiswa teknik menutup mata terhadap politik dan hanya sibuk oleh praktikum serta tugas kampus semata. Karena dalam masyarakat sangat erat berhubungan dengan masalah keteknikan.

Pemahaman akan permasalahan yang timbul di masyarakat inilah yang nantinya akan mendorong mahasiswa mampu peka dan peduli terhadap permasalahan yang timbul di masyarakat. Dalam mengatasi hal ini peran dan strategi yang dilakukan adalah penerapan system cluster terhadap permasalahan yang ada di tataran daerah. Agar nantinya penyelesaian masalah yang ada dimasyarakat dapat di atasi dengan maksimal. Dari sinilah antinya setiap jurusan mempunyai peran untuk dapat peduli dengan lapisan masyarakat sesuai dengan konsentrasi dan mampu kritis terhadap kebijakan pemerintah yang ditujukan terhadap lapisan masyarakat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts