,

Membongkar Kekuatan Bawah Laut

07.23

Berlangsungnya perang dunia ternyata tidak hanya berdampak negatif bagi beberapa negara. Dalam perjalanannya perang dunia ternyata membawa dampak yang cukup positif bagi perkembangan teknologi. Tentunya hal tersebut dapat kita lihat sampai saat ini bekas peninggalan Perang Dunia masih banyak tersisa. Dalam berjalannya perang dunia pertama dan kedua ternyata  menimbulkan banyak temuan teknologi pertahanan pada kejadian tersebut. Hal ini bisa kita saksikan bagaimana perkembangan senjata mulai dari darat, udara dan laut mengalami pertumbuhan yang signifikan setelah perang dunia. Salah satu yang menjadi sorotan penting tentunya bagaimana kekuatan bawah laut mampu mempunyai peran penting dalam melakukan pertempuran pada saat-saat perang dunia.

Kekuatan kapal selam atau yang dulu biasa disebut dengan U-Boat tentunya mempunyai peran penting dalam melakukan pertahanan maupun penyerangan pada masa perang dunia. Melihat sejarah bagaimana U-Boat buatan Jerman berhasil meneggelamkan 222 kapal dagang Inggris pada perang dunia kedua. Kemudian hal serupa juga dilakukan AS ketika menenggelamkan kapal dagang jepang pada masa yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa kapal selam merupakan sebuah monster bawah laut yang mempunyai kemampuan khusus untuk dapat mengamankan sebuah negara. Tentunya perkembangan Kapal Selam dari masa-kemasa senantiasa mengalami kemajuan seiring dengan teknologi yang ada.

Menilik sejarah kapal selam ternyata mempunyai sejarah panjang alam pembuatannya. Kapal selam pertama kali di temukan oleh Wiliam Bourne yang membeberkan prinsip tentang bagaimana sebuah kapal dalam tenggelam dan mengapung. Namun, hal tersebut belum mengarah kepada perancangan Kapal Selam. Kemudian berlanjut  di awal tahun 1620 ketika Cornellis Drabble mendemonstrasikan kapal selam berbentuk dua perahu tersusun di Sungai Thames, London. Pada masa awal penelitian dan pengembangan kapal selam belum di rencananakn untuk dapat digunkanan sebagai kekuatan tempur. Akhirnya pada tahun 1776 muncullah kapal selam Turtle sebagai kapal selam pertama yang diturunkan untuk kepentingan perang pada saat itu.

Perkembangan kapal selam pun mengalami proses percepatan teknologi yang sangat signifikan ketika Robert Fulton mampu membuat kapal selam perancis sesui pesanan Napoleon untuk menyerang Inggris.  Namun sayangnya karena terkendala masalah pendanaan akhirnya konsep kapal Nautilius tidak terealisasi. Kemudian jerman dengan kemampuan teknologinya pada tahun 1850 lewat tangan dingin Wilhem Bauer berhasil menciptakan cikal bakal U-boat yang mampu menjadi senjata paling menakutkan pada semasa perang Dunia pertama. Fenomena U-Boat ternyata sangat spektakuler ketika tercatat pada perang Dunia Pertama 372 U-Boat mampu menenggelamkan 5.554 kapal laut sekutu. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan Kapal Selam mempunyai peran strategis dalam sebuah pertempuran.

Kapal selam yang mempunyai kemampuan untuk timbul kepermukaan dan menyelam. Kapal Selam memang dirancang khusus untuk mendapatkan kemampuan tersebut. Fenomena dibalik kemampuan kapal selam ternyata terletak  pada tangi-tangki pemberat (ballast tank) yang tersebar dibawah badan Kapal Selam yang tengah penuh dengan udara. Udara yang di mampatkan (Compressed air) yang membuat berat jenis Kapal Selam lebih ringan dari pada berat jenis air laut, hal inilah yang membuat Kapal Selam mampu timbul kepermukaan. Kemudian pengaturan katup pada ventilasi berungsi dalam proses penyelaman Kapal Selam agar mampu mengisi ruang kapal dengan air laut sehingga kapal selam mampu menyelam kedasar laut, dengan konsep dasar hukum Archimedes yang di terapkan Kapal Selam mampu timbul dan masuk kedalam dasar laut. Sebelum menyelam arah hadap sirip-sirip selam (hydroplane) dihaluan dan buritan mulai diubah. Dari horizontal menjadi menukik membentuk sudut tertentu dengan permukaan laut. Posisi hydroplane selalu berubah hingga Kapal Selam mencapai kedalam selam yang ideal. Saat melayang pada kedalam tertentu, tangki pemberat penuh air. Lubang ventilasi kembali tertutup dan posisi hydroplane kembali keposisi awal. Tenaga apung netral ini dipertahankan memakai tangki penyeimbang  (trim tanks) dibalik tanki pemberat. Kondisi Kapal Selam di permukaan lebih stabil dalam posisi longitudinal dari pada transversal. Secara mendasar dalam perancangan Kapal Selam adalah kemampuan untuk mampu mempertahankan titik Metasentra tetap berada di atas titik Gravitasi dan Boyancy agar kapal Selam tetap dalam kondisi stabil, baik dalam keadaan mengapung ataupun menyelam.

Kemampuan kapal selam yang sangat unik inilah yang membuat sebuah negara yang memiliki kapal selam akan sangat disegani oleh negara sekitar. Hal tersebut terlihat ketika Indonesia pernah memiliki 12 kapal selam dari Unisoviet pada tahun 1950an. Kemampuan indonesia dilaut pada saat itu sangat menakutkan dengan kemampuan kapal selam yang dimiliki oleh indonesia, negara tetangga enggan berususan dengan pertahanan laut indonesia. Namun, sampai saat ini indonesia hanya tinggal memiliki dua kapal selam, yang satu telah di museum kan dan yang satu sedang di perbaiki di Korea Selatan. Kapal Selam sejatinya memang mempunyai dampak yang luar biasa dalam pertahanan dan keamanan sebuah negara. Untungnya Indonesia melihat hal tersebut, dan saat ini indonesia telah memesan dua buah Kapal Selam dari negeri gingseng Korea Selatan, yang sedang di bangun oleh galangan kapal terbesar di dunia yakni Daewoo Ship Building and Marine Engineering (DSME).

Namun dalam kebanggan akan hal tersebut tersirat sebuah pertanyaan yang mendasar bahwa alat pengamanan dan pertahanan negara di buat oleh negara lain. Timbul sebuah pertanyaan besar apabila kedepan Indonesia mempunyai konflik dengan Korea Selatan. Sudah pasti Korea Selatan tau betul sisi kelemahan produk yang mereka produksi. Sudah saatnya indonesia mengembangkan kekuatan pertahanan dan keamanan secara mandiri. Seperti orang tidak berpakaian jika sampai saat ini indonesia belum berfikir untuk mampu mandiri dalam bidang pertahanan dan keamanan.
Salam Cinta untuk Maritim Indonesia

Jalesveva Jayamahe

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts